Kamis, 29 Januari 2015

manfaat daun sirih merah untuk jerawat

manfaat daun sirih merah untuk jerawat Penanganan pasca panen
Tanaman sirih merah siap panen minimal 4 bulan, saat ini tanaman memiliki daun 16-20 lembar. Ukuran daun yang optimal dan panjangnya mencapai 15 sampai 20 cm. Daun yang dipanen harus cukup tua, bersih dan mengkilap warna karena pada tingkat bahan aktif tinggi. Cara memanen daun tanaman mulai dari bawah ke atas.

Setelah dipetik, daun disortir dan direndam dalam air selama kotoran membersikan dan debu, kemudian dibilas bersih dan ditiriskan. Kemudian daun cincang dengan pisau tajam, bersih dan steril, dengan 1 cm irisan lebar. Hasil cincang dikeringkan di udara yang tampah dialas kertas telah mencapai
Tingkat airnnya di bawah 12%, selama sekitar 3 - 4 hari. Cincang daun kering yang telah dimasukkan ke dalam kantong plastik transparan tahan air, bersama-sama disampaikan kepada gel silika menyerap air, dan kemudian ditutup rapat. Kemasan diberi label pada kemasan kemudian disimpan di tempat yang kering dan bersih. Dengan penyimpanan yang baik simplisia sirih merah dapat bertahan hingga 1 tahun.

Cara menggunakan simplisia sirih merah dengan merebus sebanyak 3 sampai 4 iris cincang dengan segelas air sampai mendidih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar